Sunday, January 30, 2011

Cerita tentang Indo Saparella

Halo semua! Tadi aku, bapak, dan mama pergi ke Kaliurang. Dari kemarin mama penasaran pengen ke daerah dimana Mbah Maridjan tinggal, alhasil tadi kesana deh meski nggak sampe di rumahnya Mbah Maridjan, soalnya jauh. Akhirnya, aku sama mama cuma sampe setengah jalan. Kebetulan mama lagi nggak boleh capek, ya udah deh nunggu di deket waring sambil liat pemandangan kali. Sumpah, luluh lantah beneran, ga kebayang pas Merapi meletus, nyeremnya kayak gimana. Kalau ke sana akan kerasa bahwa Merapi dan rumah korban Merapi emang bener-bener deket. Subhanallah :o

Setelah dari situ, makan siang. Sempet bingung dari jakal bawah sampe ke atas banyak restoran dan lagi-lagi ikut kemauan mama yaitu makan kupat tahu. Akhirnya berhenti di rumah makannya. Mesen njuk duduk nunggu pesenan. Awalnya sempet ngira kalo lama, soalnya pengunjung yang sebelumnya aja belum dapet makanan dan ternyata dugaanku salah hehehe maaf su'udzon :(

Voila! Akhirnya 3 kupat tahu nyampe juga!  Rasanya jadi keinget pas SMP, suka makan kupat tahu instead bakso, ayam, mie,dsb.  Nah, di meja itu ada dua Indo Saparella. Sebelum makan, mama buka Indo Saparella dan mama nuang Saparella itu ke kupat tahu. Aku agak kaget, setauku kan saparella itu minuman deh. Njuk, bapakku ikut-ikut. Melihat keganjilan ini, aku tanya,

Aku : Lho, mah, itu bukannya minuman ya? (nunjuk saparella)
Mama : Ah bukan kok, ini cuka. Coba aja. Kayak cuka pempek
Bapak : (diam sambil ngeliat kami berdua, kayaknya takut salah juga)

Karena lebih percaya sama perkataan mama, Saparellanya aku tuang ke kupat tahu. Rasa kuahnya manis-manis kayak coca-cola gitu.

Bapak : Wah enak juga ya, kupat tahunya.

Aku mulai curiga, cuka kok rasanya kayak gini. Buktinya, cuka di sekolahku ga kayak gini juga deh. Tambah curiga, langsung aja aku cek komposisinya

Air berkarbonasi, KARAMEL, perisa, GULA

Ha? Sejak kapan cuka ada karamel sama gula?

Aku : Itu minuman tau..
Mama: (menghentikan makannya) Ah enggak, wong mama kalo makan suka pake ini
Aku : Masa cuka kayak gini? Ya enggak lah!
Bapak : (setuju sama perkataanku) iya, kok rasanya manis gini (masih dilanjutin makannya)

Tambah penasaran, langsung aku search di Google dan Google berkata
Indo Saparella dan Sarsaparila minuman yang menyenangkan. Rasanya unik. (http://www.bayuadhypratama.co.tv)

Minuman yang menyenangkan! Ya, minuman! Minuman! Hakikatnya memang minuman, kawan-kawan!

Aku: (dengan semangat berapi-api) Tuh kan, di internet aja bilangnya itu minuman
Bapak : (kaget) (diam sejenak) (lalu ketawa)
Mama : Weh? Iya po? (lalu ketawa getir)

Akhirnya, dua botol Saparella,yang sudah terlanjur dibuka karena dikira adalah cuka, akhirnya kami beli. Satunya 12 ribu. Ya, namanya juga rejeki buat rumah makan kupat tahunya :) Emang gimana sih bentuknya? Ini nih fotonya

Penampilannya meyakinkan kan, seperti cuka? Hitamnya juga seperti cuka. Selain itu, nggak ada keterangan bahwa ini adalah minuman. Kalo baca nama produsennya emang ada kata-kata Segar dan baca komposisinya emang cocok buat minuman. Silakan lho kalo mau nyoba kupat tahu dengan tuangan Indo Saparella :p

p.s.: Indo Saparella ini dapat sebuatan CocaCola-nya Jogja atau Rootbeer-nya Indonesia

No comments: