Saturday, June 9, 2012

Body Mass Index

Selamat sore semua! Kali ini saya mau ngepost tentang kesehatan nih. Tumben banget kan ya? Hehehe lagi 'bener' nih otak eke :D Ya ya ya... Tadi baca iklan di majalah dan kebetulan isinya menarik nih. Ada kaitannya dengan berat badan. Orang-orang, biasanya kaum hawa nih, suka nggak pede ya dengan massa badannya. Nah, biar tau nih massa badan kita ini dampaknya bagus atau nggak untuk kesehatan kita, saya kutip deh dari iklan tadi :)

Body Mass Index (BMI) merupakan suatu pengukuran untuk memantau status gizi orang dewasa, khususnya yang berkaitan dengan berat badan. Oleh karena itu, BMI menjadi indikator baik atau buruknya kondisi kesehatan seseorang


Untuk cara menghitungnya sih gampang aja : WEIGHT (dalam kg) DIBAGI sama tinggi badan alias HEIGHT (dalam m) yang sudah dikali 2. Bingung? Gini rumusnya :

BMI = WEIGHT/ (HEIGHT*HEIGHT)

Nah, kalo udah ketemu hasilnya sekarang cocokin deh yang di bawah ini :
18,5 - 22,9 : low risk
23 - 27,5 : moderate risk
27,5 and above : high risk

FYI, semakin tinggi nilai BMI, makin tinggi pula kadar lemak dalam tubuh. Seperti kita tahu, hal ini bisa saja menyebabkan diabetes, kanker, jantung. Ideal BMI adalah 18,9-22,9.

Terus gimana dong kalo hasilnya lebih dari 23? Hal-hal ini bisa dicoba :
  1. Batasi makanan berlemak tinggi, seperti kue ataupun bermacam gorengan, tidak lebih dari 2 kali dalam seminggu.
  2. Minum air putih dan hindari yang berkadar gula atau minuman bersoda
  3. Perbanyak makanan yang mengandung gandum, seperti roti gandum, nasi merah ke dalam pilihan makanan
  4. Tingkatkan aktivitas fisik. Bisa aja nih aerobik kayak jalan cepat atau jogging selama 20 menit dalam sehari, yang katanya, bisa membantu menurunkan berat badan
I counted for myself dan hasilnya 24,4 hehehe (iya tau, eke berlemak cyiin) T_____T #sekilasINFO Sebenarnya ini bisa nggak sih kalo buat nyari berat badan ideal? Tadi aku tanya temen-temenku ada yang jawab iya atau enggak sih, mungkin kalian bisa cari info tentang hal tsb di sumber lain (ya iyalah secara udah globalisasi, cakupan sumber bisa luas ekekekek~)

OK deh, semoga ini bisa membantu kalian nih deh ya. Kalo ada yang salah, boleh lho diralat :p Oya, penghitungan BMI ini nggak dapat memprediksi resiko kesehatan pada ibu hamil, binaragawan, lansia. Kisaran ini pun nggak berlaku untuk usia di bawah 18 tahun ;)

Sumber :
Dewi Magazine (Mei 2010 : A Journey in Style) ; European Slimming Centre's Commercial

No comments: